Minggu, 25 Desember 2016

Peran Sektor Pertanian Terhadap Pembangunan Indonesia

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sudah sejak lama sebutan negara agraris yang melekat pada tanah air Indonesia. Selama berabad-abad, pertanian menjadi mata pencaharian utama masyarakat Indonesia. Sektor pertanian merupakan pilar utama pembangunan Indonesia karena hampir semua kegiatan perekonomian Indonesia berpusat pada sektor tersebut.
Indonesia yang juga disebut negara agraris berpeluang untuk mewujudkan reformasi pangan. Hal ini dapat dicapai jika kualitas pelayanan pemberdayaan mutu petani seperti pertanian intensif, kredit pedesaan, dan bimbingan kepada petani. Contoh reformasi pangan meliputi: pembibitan benih dan perawatan benih yang akan dipakai, penggunaan yang tepat agar tidak merusak unsur tanah dan pembangunan teknologi moder sehingga proses berlangsung lebih cepat.
Sampai saat ini, bahkan pertanian Indonesia masih bertahan dengan segala kelebihan dan kekurangannya ditengah deru jaman yang kian menghias. Dan selama ini pun pertanian masih menjadi ujung tombak "hidup" di negeri ini.

1.2 Perumusan masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, masalah yang diambil adalah bagaimana peran sektor pertanian terhadap pembangunan Indonesia?

1.3 Tujuan
Menurut permasalahan di atas, tujuan yang diambil adalah untuk mengetahui peran sektor pertanian terhadap pembangunan Indonesia?






BAB II
PEMBAHASAN

Jika dilihat dari kaca mata nasional pembangunan pertanian dianggap lebih penting dari pada keseluruhan pembangunan yang lainnya. Ada beberapa hal yang sangat mendasari mengapa pembangunan pertanian di Indonesia memiliki peran penting. Pertama, banyak sumber daya alam dan berlimpah. Kedua, pangsa pasar ekspor nasional di bidang pertanian sehingga kebutuhan besar meningkat. Ketiga, banyaknya penduduk Indonesia yang menggantungkan hidupnya disektor pertanian.
Peran pertanian Indonesia, antara lain, sebagai salah satu penyerap tenaga kerja, kontribusi terhadap pendapatan, kontribusi dalam penyediaan pangan, pertanian sebagai penyedia bahan baku, kontribusi dalam kapital, serta sebagai sumber devisa negara.
Pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembangunan negara di Indonesia, yaitu:
1 Peran sektor pertanian untuk membuat peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
a. Sektor pertanian diharapkan sebagai tenaga kerja terbesar dalam upaya untuk membantu memecahkan masalah pengangguran. Dengan demikian sektor pertanian dapat diharapkan menjadi tulang punggung dari sistem perekonomian nasional, sekalis mendorong kearah pengentasan kemiskinan..
b. Revitalisasi pertanian dalam arti luas dapat menjamin kesejahteraan dan kualitas hidup di negara agraris seperti Indonesia.
2 Peran sektor pertanian dalam mengekspor
a.       Mendorong minat investasi di sektor pertanian dilakukan dengan: menyederhanakan prosedur investasi, meningkatkan kepastian hukum, serta perbaikan kualitas infrastruktur, memberikan beberapa insentif dalam bentuk keringanan pajak, memberikan tax holiday kepada investor di sektor pertanian, memudahkan informasi dan tehnologi bantuan, dan bantuan studi kelayakan.

b. Mengekspor adalah salah satu mesin utama pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Pemerintah harus memiliki komitmen untuk meningkatkan pertumbuhan ekspor secara bersamaan.  
3. Peran sektor pertanian untuk peningkatan dari Produk Domestik Bruto (PDB)
a. Sektor pertanian cukup strategis sebagai penggerak pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB). Dalam sepuluh tahun terakhir peranan sektor ini terhadap PDB menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik, dengan rata-rata 4% per tahun.
b. Pengembangan agroindustri harus menjadi prioritas untuk mendorong dan mengembangkan industri kecil dan menengah di perdesaan sebagai subsistem produksi sekaligus sebagai bagian dari pendekatan permintaan, karena kegiatan ekonomi desa lebih banyak bertumpu pada kegiatan usahatani. Dengan demikian pengembangan agroindustri pedesaan dapat menjadi fase transisi menuju transformasi struktural pertanian ke industri yang sebenarnya secara bertahap.



  


BAB III
KESIMPULAN

Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, peran sektor pertanian sangat penting dalam proses pembangunan di Indonesia. Dapat dilihat dari peran sektor pertanian terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, ekspor non-minyak, dan  peningkatan produk domestik





DAFTAR PUSTAKA
Jannah, Miftakhul. 2012 Peran Pertanian Untuk Pembangunan Indonesia. Tersedia pada : http://www.slideshare.net. .Diakses pada tanggal : 19 September 2014.
Rahmadi, Ryan. 2011. Peran Pertanian Untuk Ekonomi Indonesia. Tersedia pada : http://ryanrahmadi99.blogspot.com. Diakses pada tanggal: 19 September 2014.

Ariey. 2014 Sektor Pertanian Dalam Peningkatan dari Pendapatan Nasional. Tersedia pada : http://www.academia.edu. Diakses pada tanggal: 19 September 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar