Rabu, 28 Desember 2016

Komposisi Jenis Tanaman Untuk Taman Perkantoran,Perumahan, dan Taman Sekolah

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Enobotani adalah berasal dari dua kata yaitu “etno” berarti kajian mengenai budaya dan "botani" berarti kajian mengenai tumbuhan. Jadi etnobotani adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan tumbuhan. Tumbuhan dalam hal ini diliahat dari manfaat tanaman. Manfaat tanaman antaralain: sebagai sarana ritual (Upakara), pengobatan (Husada), bangunan tradisional, dan sebagai taman (Sardita, dkk, 2012).
Taman adalah sebuah areal yang berisikan komponen material keras dan lunak yang saling mendukung satu sama lainnya. Dimana ada yang sengaja direncanakan dan dibuat oleh manusia dalam kegunaanya sebagai tempat penyegar dalam dan luar ruangan. Taman dapat dibagi dalam taman alami dan taman buatan. Secara umum taman yang sering dijumpai dalam lingkungan adalah  taman perkantoran, taman perumahan, dan taman sekolah. Pada taman terdapat berbagai jenis tanaman yang disusun atau dikomposisi sedemikian rupa supaya terlihat indah dan menarik untuk dilihat (Wikipedia , 2013 a).
Tanaman merupakan elemen penting untuk mendukung keindahan taman. Selain menjadi lebih indah, kehadiran tanaman bisa menjadi nilai tambah bagi struktur bangunan  bila ditanaman di tempat yang tepat, dengan bentuk arsitektural yang sesuai dengan ruang serta fungsi yang optimal. Pengoptimalan taman dilakukan dengan pemilihan jenis tanaman yang cocok dengan konsep arsitektur lanskap.
Arsitektur lanskap adalah penggolongan jenis vegetasi yang didasarkan pada konsep pembentukan ruang. Membentuk ruang berarti mengolah bidang atau unsur pembentuk ruang, yaitu lantai, dinding dan atap. Dalam arsitektur lanskap membahas jenis-jenis tanaman yang cocok untuk taman antara lain sebagai berikut. Pohon adalah jenis tanaman berkayu dengan batang tunggal dengan cabang dimulai dari bagian atas batang. Perdu adalah tanaman perdu atau tanaman semak belukar adalah tanaman berkayu yang tingginya tidak lebih dari 7 meter pada lokasi tertentu dan biasanya memiliki beberapa batang. Ciri-ciri dari tanaman perdu ialah: kecil, semak rendah, umumnya berukuran kurang dari 2 meter. Semak adalah tanaman rendah berkayu yg tumbuh bergerombol. Tinggi dar semak ini 50cm-3meter. Ground cover adalah tanaman yang digunakan untuk menutupi tanah. Tinggi dari ground cover ini hanya 0-50cm (Wikipedia , 2013 b).
Dalam kaehidupan sehari-hari pemilihan atau komposisi jenis tanaman kurang diperhatikan. Kurangnya perhatian ini disebabkan karena kurangnya pemahaman akan pentingnya komposisi jenis tanaman. Komposisi jenis tanaman ini digunakan untuk menata taman agar terlihat indah. Oleh karena itu perlu pemahaman akan pemilihan atau komposisi jenis tanaman yang cocok untuk taman. Sehingga taman yang ditata terlihat asri dan indah untuk dilihat.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang ada dapat dirumuskan sebagai berikut.
1.      Apa saja komposisi jenis tanaman (variasi pohon, perdu, semak, ground cover) yang cocok untuk taman pekantoran?
2.      Apa saja komposisi jenis tanaman (variasi pohon, perdu, semak, ground cover) yang cocok untuk taman perumahan?
3.      Apa saja komposisi jenis tanaman (variasi pohon, perdu, semak, ground cover) yang cocok untuk taman sekolah?


1.3 Tujuan
Berdasarkan permasalahan di atas, tujuan adalah sebagai berikut.
1.      Untuk mengetahui komposisi jenis tanaman (variasi pohon, perdu, semak, ground cover) yang cocok untuk taman pekantoran.
2.      Untuk mengetahui komposisi jenis tanaman (variasi pohon, perdu, semak, ground cover) yang cocok untuk  taman perumahan.
3.      Untuk mengetahui komposisi jenis tanaman (variasi pohon, perdu, semak, ground cover) yang cocok untuk taman sekolah.

1.4  Manfaat
Manfaat penulisan  ini adalah sebagai berikut.
1.      Bagi mahasiswa dapat menambah pengetahuan tentang  jenis-jenis tanaman yang cocok  untuk taman.
2.      Bagi masyarakat dapat memilih tanaman yang cocok untuk menghiasi taman.
3.      Bagi lingkunngan yaitu dapat menambah keasrian akan adanya pemiihan jenis tanaman yang cocok untuk taman.
4.      Bagi penulis dapat membagi pengetahuan kepada para pembaca melalui tulisan ini.










BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Komposisi Jenis Tanaman Untuk Taman Perkantoran

Perkantoran  pada umumnya memiliki ukuran yang luas. Luasnya perkantoran didominasi oleh tamannya. Taman pada kantor tidak begitu luas dan juga tidak begitu sempit. Tatanan luar kantor pada umumnya diawali dengan pintu masuk, bagian tengah ada halaman atau taman , dan pada bagian belakang tempat parkir. Taman yang baik untuk perkantoran sebaiknya memiliki nilai estetika dan fungsi dari tanaman. Nilai estetika ini dinakan untuk para pegawai sebagai reflesing. Reflesing dalam capeknya pekerjaan yang dihadapinya. Nilai fungsi dari tanaman digunakan untuk memperindah dari bangunan perkantoran itu sendiri. Dengan adanya tanaman yang cocok maka setiap pegawai merasa senang bisabekerja di kantor tersebut
Komposisi taman perkantoran dilihat dari jenis tanaman berupa variasi pohon, tanaman perdu, tanaman semak, dan ground cover. Dalam menata taman perkantoran haruslah pas dengan bentuk bangunan itu sendiri. Komposisi yang cocok untuk taman perkantoran menurut kelompok kami adalah sebagai berikut.

2.1.1 Pohon
Pemilihan pohon tergantung dari bentuk, ukuran, warna, dan tekstur. Adapun pada pintu masuk pohon yang digunakan memiliki nilai estekita dan fungsi. Dari segi estetika dipilih pohon yang memiliki bentuk yang indah dan sedap untuk dipandang. Dari segi fungsi pohon yang dipilih adalah memiliki fungsi sebagai memberi kesan pintu masuk dan juga menjadi pagar. Pohon yang cocok dipintu masuk adalah pohon cemara dan pohon bungur. Pada bagian tengah atau taman diberi pohon yang memiliki kesan estekika atau indah. Kesan indah pada bagian tengah sangat dipengaruhi oleh tanaman. Pohon yang cocok pada bagian tengah adalah pohon palem putri, palem ekor tupai, bambo hias,  palem botol, dan pohon kamboja hias. Pada bagian belakang atau tempat parkir diberi pohon yang tidak memiliki ranting. Oleh karena jika berisi ranting takutnya ranting tersebut mengenai kendaraan di bawah pohon tersebut. Pohon yang cocok ditempat parkir adalah pohon kelapa gading, pohon tanjung dan pohon pinang.

2.1.2 Perdu
Tanaman perdu dipilih dari bentuk, ukuran, warna, dan tekstur. Perdu yang dipilih dilihat dari segi estetikanya. Pada pintu masuk dipilih tanaman perdu yang indah antara lain puring. Pada bagian tengah dipilih tanaman perdu yang antara lain ephorbia, adenium, lily paris dan bunga kembang kertas. Pada tempat parkir dipilih tanaman perdu yang antara lain bougenville, kol banda, dan kembang sepatu (Mulyo, 2014).

2.1.3 Semak
Tanaman semak yang dipilih dalam komposisi tanam perkantoran dilihat dari segi fungsinya. Tanaman semak difungsikan sebagai pagar hidup atau pagar alami. Pada pintu masuk dipilih tanaman semak yaitu tanaman pandan hias. Pada bagian tengah dipilih semak antara lain tanaman sri rejeki dan sejenisnya. Pada tempat parkir  dipilih tanaman beluntas.

2.1.4 Ground Cover
Tanaman ground cover yang cocok untuk taman perkantoran dilihat dari segi  estetika atau keindahannya. Pada bagian pintu masuk dipilih tanaman ground cover berupa rumput jepang. Pada bagian tengah dipilih rumput mutiara. Pada tempat parkir dipilih rumput kasur.

2.2 Komposisi Jenis Tanaman Untuk Taman Perumahan

Dalam mengkomposisi jenis tanaman harus melihat dari berbagai sudut pandang. Pemilihan jenis tanaman untuk ditanam disekitar halaman rumah juga melihat bentuk rumah terlebih dahulu. Tanaman yang ditanaman jangan sampai menutupi dari keindahan rumah itu sendiri. Jika mempunyai lahan di halaman atau perkarangan rumah sebaiknya dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai apotik hidup, lumbung hidup dan warung hidup yang dikelola oleh semua anggota keluarga. Apotik hidup berisi tanaman obat, lumbung hidup berisi tanaman yang dijadikan bahan pangan untuk keluarga, dan warung hidup berisi jenis tanaman yang dijadikan sebagai pelengkap dari lumbung hidup biasanya berisi tanaman berupa sayur- sayuran (Setiawan, 2012).
Penanaman juga mempertimbangkan fungsi, estetika, pengobatan, dan ritual terlebih dahulu. Oleh karena tanaman yang ditanaman akan menjadi pandangan dari setiap orang. Setiap orang yang melihat penataan yang baik tidak hanya indah untuk dipandang tapi juga dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Secara umum tatanan perumahan dibagi menjadi tiga bagian yaitu depan sebagai tempat masuk, tengah sebagai taman, dan dibelakang sebagai bangunan.
Komposisi taman perumahan dilihat dari jenis tanaman berupa variasi pohon, tanaman perdu, tanaman semak, dan ground cover. Dalam menata taman perumahan haruslah pas dengan bentuk bangunan itu sendiri. Komposisi yang cocok untuk taman perumahan menurut kelompok kami adalah sebagai berikut.

2.2.1 Pohon
Komposisi pohon untuk taman perumahan dilihat dari fungsi tanaman, ritual, dan estetika adapun contoh pohon yang dipilih sebagai berikut. Pada bagian depan dipilih pohon yang tinggi danmemiliki fungsi social contohnya pohon manga. Pada bagian tengah dipilih pohon yang memiliki fungsi estetika dan ritual berupa pohon palem dan sejenisnya juga pohon kamboja, pohon kiara payung dan nusa indah. Pada bagian belakang gedung biasanya dipilih pohon yang tampak indah bila pohon itu tinggi contohnya pohon palem putri, dan pohon pinang. 

2.2.2 Perdu
Komposisi tanaman perdu yang dipilih dalam taman perumahan dilihat dari segi estetika, fungsi, ritual, dan pengobatannya. Pada bagian depan dipilih tanaman perdu berupa puring, adenium, bonsai, bunga kembang kertas, dan bunga melati. Pada bagian belakang dipilih tanaman perdu antara lain soka bali.

2.2.3 Semak
Komposisi tanaman Komposisi tanaman perdu yang dipilih dalam taman perumahan dilihat dari segi estetika, dan fungsi. Dari segi estetika dilihat dari keindahan tanaman semak dan dari segi fungsi dilihat dari fungsinya untuk pagar. Pada bagian depan dipilih tanaman semak antara lain tanama lantana camara. Pada bagian tengah dipilih tanaman semak antara lain tanaman sri rejeki dan sejenisnya. Pada bagian belakang dipilih tanaman semak berupa tanaman beluntas.

2.2.4 Ground Cover
Komposisi jenis tanaman ground cover pada tanam perumahan dipilih dari segi fungsi, dan estetika. Pada bagian depan dipilih tanaman ground cover berupa rumput mutiara. Pada bagian tengah dipilih tanaman ground cover berupa rumput jepang. Pada bagian belakang dipilih tanaman ground cover berupa rumput kasur.

2.3 Komposisi Jenis Tanaman Untuk Taman Sekolah
Sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu. Sekolah akan terlihat indah jika ad ataman. Taman yang terdapat di sekolah sangat dipengaruhi oleh bentuk bangunan. Oleh karena setiap sekolah memiliki bentuk bangunan tersendiri. Pemilihan tanaman untuk taman sekolah juga dillihat dari segi estetika, pengobatan, ritual dan fungsinya.
Secara umum tatanan luar dari sekoalh adalah pada bagian depan yaitu pintu masuk juga parkir, bagian tengah terdapat taman dan juga gedung sekolah, dan pada bagian belakang juga terdapat sedikit tanaman dan tempat pembuangan sampah.
Komposisi taman sekolah dilihat dari jenis tanaman berupa variasi pohon, tanaman perdu, tanaman semak, dan ground cover. Dalam menata taman sekolah haruslah pas dengan bentuk bangunan itu sendiri. Komposisi yang cocok untuk taman sekolah menurut kelompok kami adalah sebagai berikut.

2.3.1 Pohon
Dalam pemilihan pohon yang diperhatikan adalah fungsi dan estetikanya. Pohon yang dipilih tidak boleh terlalu menutupi bangungan. Penataan nya harus pas sesuai dengan pancaran sinar matahari. Hal ini sangat penting ketika saat belajar siswa-siawinya tidak kepanasan. Pada bagian depan pohon yang dipilih sebagai pintu masuk contohnya pohon cemara, dan pohon mahoni. Pada bagian tengah dipilih pohon yang berfungsi sebagai penunjuk arah dan sebagai penghubung antar bangunan seperti contoh pohon palem raja, pohon palem putri, pohon palem ekor tuapai, dan pohon matoa. Pada bagian belakang dipilih tanaman sebagai peneduh antaa lain pohon manga, pohon beringin, dan pohon dadap (Abdulkarim, 2014).

2.3.2 Perdu
Komposisi jenis tanaman perdu yang dipilih dilihat dari segi fungsi, estetika, pengobatan, dan ritualnya. Pada bagian depan perdu yang dipilih adalah tanaman puring, lidah buaya, dan lily paris. Pada bagian tengah dipilih tanaman perdu antara lain bunga kembang kertas, bunga mawar, dan euphorbia. Pada bagian belakang dipilih tanaman perdu antara lain bunga kamboja

2.3.3 Semak
Komposisi jenis tanaman semak yang dipilih dilihat dari segi fungsi. Tanaman semak dijadikan sebagai pagar hidu atau pagar alami. Pada bagia depan dipilih tanaman semak antara lain sri rejeki dan sejenisnya. Pada bagian tengah dipilih tanaman semak berupa tanaman Lantana camara. Pada bagian belakang diilih tanaman semak antar lain beluntas.

2.3.4 Ground Cover
Komposisi jenis tanaman ground cover yang dipilih dilihat dari segi estetika. Pada bagian depan dipilih tanaman ground cover berupa rumput mutiara, dan sutra bombay. Pada bagian tengah dipilih tanaman ground cover berupa rumput jepan. Pada bagian belakang dipilih tanaman ground cover berupa rumput kasur.








BAB III
PENUTUP


3.1  Simpulan
Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut.
1.      Komposisi jenis tanaman (variasi pohon, perdu, semak, ground cover) yang cocok untuk taman pekantoran dilihat dari segi estetika dan fungsi. Komposisi tanaman juga memperhatikan bentuk bangunan.
2.      Komposisi jenis tanaman (variasi pohon, perdu, semak, ground cover) yang cocok untuk taman perumahan dilihat dari segi estetika, fungsi, pengobatan dan ritual. Komposisi tanaman juga memperhatikan bentuk bangunan.
3.      Komposisi jenis tanaman (variasi pohon, perdu, semak, ground cover) yang cocok untuk taman sekolah dilihat dari segi estetika, fungsi, pengobatan dan ritual. Komposisi tanaman juga memperhatikan bentuk bangunan.


3.2  Saran
Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan, dapat disarankan sebagai berikut.
1.      Kepada masyarakat sebaiknya lebih memperhatikan saat memilih komposisi jenis tanaman yang cocok untuk taman.
2.      Kepada mahasiswa sebaiknya lebih memberi inspirasi-inspirasi dalam mengkomposisikan jenis tanaman yang cocok untuk taman.




DAFTAR PUSTAKA

Abdulkarim. 2014. 20 Tanaman Yang Cocok Untuk Penghijauan. Tersedia pada: http://www.abdulkarim.web.id/2014/04/20-tanaman-yang-cocok-untuk-penghijauan.html. Diakses tanggal: 5 November 2014.
Mulyo, Agus. 2014. Standar Taman Kota Dan Contoh. Tersedia pada: http://agusmulyo.blogspot.com/2014/05/standar-tanam-kota dancontoh.html?m=1. Diakses tanggal: 4 Novenber 2014.
Sardita, dkk, 2012. Etnobotani. Denpasar: Udayana University Press
Setiawan, Agung Candra. 2012. Jenis Tanaman Yang Cocok Ditanam Dihalaman Rumah. Tersedia pada: http://keluarga.com/10-jenis-tanaman-yang-cocok-ditanam-di-halaman-rumah. Diakses tanggal: 4 November 2014.
Wikipedia. 2013 a. Taman. Tersedia pada: http://id.wikipedia.org. Diakses tanggal 5 November 2014.
Wikipedia. 2013 b. Arsitektur Lanskap, Pohon, Perdu, Semak, dan Ground Cover. Tersedia pada: http://id.wikipedia.org . Diakses tanggal: 5 November 2014.











 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar